Tahap Memulai Budidaya Ikan Lele

Teknik budidaya ikan lele - ternak ikan lele sekarang ini tetap jadi keunggulan sebagian orang. usaha ternak lele menurut pengalaman beberapa orang menjanjikan keuntungan serta bisnis yang cukup besar dengan syarat kita dapat mengelola dan tahu seluk-beluk usaha, bisnis dan yang sangat perlu diketahui petani ternak ikan lele.

Cara Budidaya Ikan Lele | Tehnik Ternak Ikan Lele 

Buat yang memiliki rencana membuka bisnis, usaha atau sebatas beternak ikan lele di bawah ini sedikit cara budidaya ternak ikan lele yang mudah dan berguna untuk saudara. ikan lele atau ikan keli, yaitu sejenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele mudah dikenali dikarenakan tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, dan mempunyai “kumis” panjang yang mencuat dari sekitar sisi mulutnya. adapun untuk sahabat yang pingin memulai budidaya ikan lele atau beternak lele, di bawah ini adalah syarat kalau kita ingin memulai bisnis  ikan lele :
  1. Ikan lele bisa bertahan hidup pada suhu 20*c dengan suhu maksimal pada 25-28*C. adapun untuk perkembangan larva dibutuhkan kisaran suhu pada 26-30*c serta untuk pemijahan 24-28*c.
  2. Ikan lele bisa hidup didalam perairan tenang serta kedalamannya cukup walaupun situasi airnya buruk, keruh, kotor serta miskin zat O2 ( oksigen )
  3. Air tidak boleh tercemar oleh bahan kimia industri, merkuri, atau memiliki kandungan minyak serta bahan yang lain yang bisa mematikan ikan.
  4. Air yang memiliki banyak kandungan zat-zat yang diperlukan ikan serta bahan makanan alami perairan tersebut bukan hanya perairan yang rawan banjir
  5. Permukaan air tidak boleh tertutup rapat oleh sampah / daun-daunan yang hidup, layaknya eceng gondok
  6. Memiliki ph 6. 5-9 kesadahan ( derajat butiran kasar ) max 100ppm serta maksimal 50 ppm, turbidity ( kekeruhan) bukan lumpur pada 30-60 cm, kebutuhan O2 max pada range yang cukup lebar dari 0. 3 ppm untuk yang dewasa hingga jemu untuk burayak, serta kandungan CO2 kurang dari 12, 8 mg/liter, amonium terikat 147, 29-157. 56 mg/liter
Setelah mengetahui kehidupan ikan lele, untuk yang ingin berbisnis / usaha ikan lele langkah seudah itu itu mempersiapkan tempat kolam ikan lele. untuk bikin kolam lele, berbeda seperti ikan air yang lain. butuh di perhatikan terpal kolam ikan lele itu sendiri. di bawah ini cara bikin kolam budidaya ikan lele terpal :
  1. Buat persiapan tempat untuk kolam. sesudah itu keruk sampai kedalaman minimal 50 cm
  2. Sesudah area tanah untuk kolam telah dikeruk, bikin rangka untuk terpal kolam ikan lele dapat menggunakan bambu atau rangka. pastikan bahwa posisinya persis dengan kerukan tanah
  3. Buat persiapan terpal serta masukkan kedalam kerukan kolam ikan lele tersebut.
  4. Gunakan terpal dengan hati-hati serta yakinkan agar terpal tidak bocor
  5. Setelah itu jika telah meyakinkan terpal terpasang dengan baik di kolam yang telah dikeruk, masukkan air serta ikan lele.
Demikian budidaya ternak ikan lele dan kemudian hari akan di sambung lagi dengan pembahan yang lain tentang budidaya ikan lele yang profit dan menguntungkan, stay tune aja di artikel berikutnya. :)

thumbnail
Judul: Tahap Memulai Budidaya Ikan Lele
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Wirausaha :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template by Bamz